Kamis, 01 Mei 2014

Mayday Mayday

Foto: uniquepost



Haiii.. Sahabat Angsa Dua tercinta.. apakabar dirimu?

Mayday! Mayday! hari ini 1 may, hari buruh sedunia..

Temans, Hari buruh berasal dari sejarah kelam perbudakan di dunia.. terutama di negara negara jajahan Eropa termasuk Amerika.

Lalu puncaknya di era modern April 1886, ketika para buruh mulai menuntut hak haknya. Tuntutannya kala itu adalah delapan jam kerja dalam sehari.

Wiih delapan jam kerja aja udah "gempor" gimana lebih dari itu yaa..

Hal ini menyebabkan terjadinya pergolakan yang luar biasa antara buruh dan kaum bourjuis di Cilacap.. opps maksud kami Chicago - America.. :p hingga pada tanggal 1 May 1886, sebanyak 50.000 pekerja melakukan pemogokan. Selain itu 350.000 yang tersebar di tempat lain di Amerika  pun melakukan pemogokan. #CMIW (dari berbagai sumber) 

Kalau baca sejarahnya.. bikin ngeri sih teman.. banyak yang dihukum mati dan dipenjara seumur hidup.. ga kebayang betapa susahnya orang kelas bawah jaman dulu untuk memperjuangkan haknya.

Makanya.. saya ga suka nonton film twelve years a slave, habis nonton itu perasaan saya sedih ga jelas.. dan hampa. Apalagi itu diangkat dari kisah nyata.

Ketidakadilan selalu menyengsarakan.. jadi ingat kutipan Alquran

"... Hendaklah kamu berlaku adil (kepada siapapun) karena sikap adil itu dekat dengan ketaqwaan.."


Sekarang, di Indonesia, hari buruh masuk event nasional ya.. jadi hari libur nasional. Semoga kesejahteraan buruh di Indonesia meningkat begitu juga dengan kinerjanya.

Tapi yaa.. buruh sekarang kenapa gitu, tuntutannya suka ngaco ngaco yaa? Heheheh.

Ahh sudahlah... hari ini hujan, semoga mendinginkan hati hati orang yang tengah panas siang ini.. Hujan itu rahmat Allah untuk semesta alam.. just enjoy the rain temans :*

Salam hangat hangat kuku dari kami di Pondok Kelapa.. Muaaah!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar