Selasa, 08 Juli 2014

Indonesian Local Wisdom - Minang

Haaaai sahabat Angsa Dua ku tercintaaa... apakabar dirimu yang indah hari ini? Puasanya udah menang berapa? :D Pertanyaan orang dewasa ketika saya masih SD hehehe..

Sahabat ku yang baik hatinya.. Indonesia tanah air kita tercinta ini kaya dengan local wisdom atau kearifan lokal.. yang seharusnya bisa mengikat persaudaraan dan mengurangi perselilisihan antar sesama suku di tanah air.

Seperti di Sumatera Barat misalnya.. ranah leluhur saya tercinta ini banyak sekali kearifan local yang masih terpakai hingga saat ini.. beberapa yang paling umum itu : Di mana bumi dipijak di situ langit di junjung ini. Mungkin ini lah alasan perantau dari Minang lebih mudah masuk ke lingkungan baru. Karena bisa membaur dengan masyarakat sekitar.

Jarang sekali saya temukan perantau Minang tinggal mengelompok dengan sesama perantau Minang juga. Hampir jarang sekali saya mendengar ada perselilisihan antara perantau minang dengan penduduk asli di tempat ia merantau.

Lalu saya juga akrab dengan pepatah minang "Anak dipangku, kemenakan dibimbiang, urang kampuang dipatenggangkan" yang artinya kurang lebih anak kandung di urus (prioritas) keponakan juga harus diperhatikan.. sehingga tanggung jawab seorang Paman bukan hanya mengurus anak kandung tetapi juga peduli dengan keponakannya, baik itu materi maupun non materi. Terlebih jika kemenakannya itu anak yatim atau orang tuanya kurang mampu

Urang Kampuang dipatenggangkan kurang lebih artinya saling tolong menolong.

Temans, tidak bermaksud menarik diri mu yang telah mendunia itu kembali lagi kepada kearifan lokal Indonesia.. hanya menurut saya yang imut imut ini segala sesuatu yang baik harus tetap di pertahankan ;)

Saya juga tertarik dengan kebijakan lokal masyarakat Maluku.. nanti saya share yaa.. sekarang saya mau mengistirahatkan jari jari saya yang mulai nari nari tak tentu arah :p

Naah.. sambil menunggu jari jari saya tenang kembali, yuks nikmati koleksi tas cantik merk asli Indonesia. Angsa Dua.. Yuhuuu...

Kode Barang: Angsa Dua - Vanda 2
Size: 35 x 35 cm 
Tas kulit dengan aksen tenun ikat Pahikung Nusa Tenggara Timur 
Penutup resleting

Rp. 2.000.000

Kode Barang: Seroja Mentari Sumba
size: p 35 x 25 cm
Kain tenun Sumba Pahikung nan cantik, Nusa Tenggara Timur dengan kulit sapi berkualitas terbaik, asli Indonesia.

Tenun Sumba Pahikung ini menggunakan pewarna alam, yang dinamakan woka. 
Bangga 100% Indonesia

Harga Rp. 1.850.000


Kode Barang: Angsa Dua - Neo Maraga 
Size: P 35 cm T 26 cm L 17 cm 
Sumba handwoven, cow leather  
IDR 2.250.000

Pemesanan ke SMS or Whatsapp : 08172361005
Salam hangat penuh cinta dari kami di istana imut pondok kelapa :*


Tidak ada komentar:

Posting Komentar