Senin, 23 Maret 2015

Try To See It My Way

Sumber foto: sheknows.com 


Haaaiii... Sahabat Angsa Dua tercintaaaah.. apakabar dunia hari ini?

Temans... terkadang kita termasuk saya, seringkali memaksakan standar kita kepada diri orang lain yang kita rasa berbeda dengan kita. Yaaa kaaan...? Sehingga jika orang tersebut tidak seperti diri kita, maka kita akan 'menggurui' dan 'menceremahi' orang tersebut..

Ada yang disertai dalil dalil ada juga cuma bedasarkan teori pribadi.. hihihi..
Sebenarnya niatnya pasti baik, tapi sering kali cara penyampaiannya yang tidak atau kurang tepat.

Contoh sederhananya nih.. kayak beberapa waktu lalu, saya kedatangan tamu, sebut saja namanya Sarah.. Mbak Sarah ini punya putra, namanya Andy. Andy ini seusia anak saya Rafi.. Susaaah makannya melebihi Rafi. Di usia yang ke 6 tahun, ia  hanya mau makan nasi dengan tahu atau telur. Jika diberikan yang lain dia menolak.

Selain itu, Andy ini belum bisa sama sekali makan sendiri.. (meskipun Rafi juga terkadang masih suka disuapin siih.. tapi lebih sering saya lepas sendiri).

Tanpa sadaaar.. saya 'menggurui' si Mbak Sarah ini.. saya bilang, "dipaksa aja mbak.. kasih makan makanan yang lain.. sop ayam, ayam hainan, tempe dll. Dimasak yang lembut.. kasihan nanti sampai gede loh " kata saya.. terus kata mbak Sarah "Sudaaah mbak Poppy, tapi kalau dia rasa itu bukan tahu atau telur dilepeh (dibuang).." "iiih.. masa sih segitunya.. coba dimarahin...Rafi kalau melepeh makanan aku marahin.. terus kalau ada makanan baru aku paksa jejelin ke mulutnya.. biasanya kalau dia rasa enak besok besoknya minta lagi.." kata saya.. sok hebat.

Udah tuh yaaa.. selesai.. pas mereka pulang saya kepikiran... booo... gw gampang yaa nyuruh orang lain maksa maksa anaknya untuk anak makan... lah diaaa yang menjalankan kan ga semudah itu.. apalagi anaknya memang bukan tipe yang doyan makan..

Jadi ingat... komentar salah seorang teman"Apaaa?! anaknya cuma minum susu? Nggak mau makan yang lain?!" padahal bisa jadi anak itu juga bermasalah dengan makan.. masiih syukur masih mau minum susu.. daripada makan nggak mau, minum susu juga ngga mau ;D Anak kecil kan beda beda ga bisa disamakan semuanya, sesuai standar Internasional ;)

Kebayang perasaan frsutasi ibu ibu yang anak anaknya punya masalah makan (picky eater) . Udah stress menghadapi anak yang susah makan eeh ditambah lagi 'serangan darat' dari ibu ibu yang tidak merasakan masalah serupa.

Bikin saya jadi belajar untuk berempati dari hal hal yang paling sederhana.. Gitu deeeh.. cerita saya minggu kemarin temans.

Hmmm.. tips menghadapi anak picky eater jadi apa pop? Entahlah... mari kita belajar bareng bareng hehehe...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar